Skip to main content

Sempurna wudlu, janggut, istinsyaq Hadits no 44-46


٤٤. عَنْ لَقِيْطِ بْنِ صَبِرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ ص (اَسْبِغِ الْوُضُوءَ، وَخَلِّلْ بَيْنَ اَصَابِعِ، وَبَالِغْ فِى الْاِسْتِنْشَاقِ، اِلَّا اَنْ تَكُوْنَ صَاءِمًا) اَخْرَجَهُ الْاَرْبَعَةُ وَصَحَّهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ
44. Dari Laqith bin Shabirah ia berkata: Telah bersabda Rasulullah SAW: “Sempurnakanlah wudlu dan selat-selatilah antara jari-jari dan bersungguh-sungguhlah pada menaikkan air ke hidung kecuali engkau shaum”. Dikeluarkan-dia (Hadits itu) oleh “Empat”, dan dishahkan-dia oleh Ibnu Khuzaimah.
٤٥. وَلِاَبِيْ دَاوُدَ فِيْ رِوَايَةً (اِذَا تَوَضَّأْتَ فَمَضْمِضْ)
45. Bagi Abi Dawud pada satu riwayat: “Apabila engkau berwudlu, hendaklah engkau berkumur-kumur”.
٤٦. عَنْ عُثْمَانَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يُخَلِّلُ لِحَيْتَهُ فِى الْوُضُوْءِ اَخْرَجَهُ التِّرْمِذِيُّ، وَصَحَّهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ
46. Dari ‘Utsman, bahwa Nabi SAW adalah menyelat-nyelati janggutnya ketika berwudlu. Dikeluarkan-dia (Hadits itu) oleh Tirmidzi, dan dishahkan-dia oleh Ibnu Khuzaimah.

44. Haditsnya: Shah

45. Maksudnya: 1.Memerintahkan menyempurnakan wudlu.
2. Menganjurkan menyelat-nyelati jari, istinsyaq (menghirup air ke hidung) dan berkumur.

Hukumnya: 1. Wajib   2. Sunnah

46. Haditsnya: Lemah

Maksudnya: Supaya menyelat-nyelati janggut ketika berwudlu

Hukumnya: Hukum sebenarnya Mubah.

Keterangan:

I.Hadits ‘Utsman itu dilemahkan oleh Ibnu Ma’in. Berkata Ahmad: Tidak ada satupun Hadits yang shah tentang menyelat-nyelati janggut.

II. Perintah di dalam Hadits Laqith itu bukan perintah wajib, hanya sunnat, karena yang wajib itu ialah apa-apa yang tersebut di dalam Al Quran. Lihat keterangan Hadits-hadits ke 37-41.

Demikianlah terjemah Kitab Bulughul Maram Hadits no 44-46 yang menerangkan tentang wajibnya menyempurnakan wudlu, menyelat-nyelati jari, istinsyaq dan menyelat-nyelati janggut.

Semoga bermanfaat.

Wassalam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi Bulughul Maram di smartphone tanpa install, buka Bulughul Maram dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Bulughul Maram dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Bulughul Maram

Tambahkan aplikasi Bulughul Maram di smartphone tanpa install, buka Bulughul Maram dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Bulughul Maram dari layar utama smartphone Anda.