Skip to main content

Mengusap Kepala (Hadits no 38-40)

 

٣٨. عَنْ عَلِيٍّ فِيْ صِفَةِ وُضُوءِ النَّبِيِّ ص قَالَ: وَمَسَحَ بِرَأسِهِ وَاحِدَةً اَخْرَجَهُ اَبُوْ دَاوُدَ. وَاَخْرَجَهُ التِّرْمِذِيُّ وَالنَّسَاﺋِﻲُّ بِاِسْنَادٍ صَحِيْحٍ. بَلْ قَالَ التِّرْمِذِيُّ: اِنَّهُ اَصَحُّ شَيْءٍ فِى الْبَابِ.

38. Dari ‘Ali tentang shifat wudlu Nabi SAW. Ia berkata:……… dan ia (Nabi SAW) usap kepala sekali. Dikeluarkan-dia (Hadits itu) oleh Abu Dawud, dan dikeluarkan-dia oleh Tirmidzi dan Nasa-i dengan isnad yang shahih, bahkan Tirmidzi berkata: Sesungguhnya (Hadits) itu paling shahih di dalam bab ini (Bab Usap Kepala).

Haditsnya: Shah

Maksudnya: Menerangkan bilangan usap kepala, yaitu sekali jalan.

Hukumnya: Sebagai ketentuan.

٣٩. عَنْ عَبْدِ اللّٰهِ بْنِ زَيْدِ بْنِ عَاصِمٍ فِيْ صِفَةِ الْوُضُوءِ قَالَ: وَمَسَحَ رَسُوْلُ اللّٰهِ ص بِرَأسِهِ، فَاقْبَلَ بِيَدَيْهِ وَادْبَرَ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

39. Dari ‘Abdullah bin Zaid bin ‘Ashim, tentang shifat wudlu ia berkata:………… dan Rasulullah SAW usap kepalanya, yaitu ia jalankan 2 tangannya ke belakang dan ia kembalikannya. Muttafaq ‘alaih (Hadits disepakati atasnya oleh Bukhari-Muslim).

٤٠. وَفِيْ لَفْظٍ لَهُمَا: بَدَأَ بِمُقَدَّمِ رَأسِهِ، حَتّٰى ذَهَبَ بِهِمَا اِلَى قَفَاهُ، ثُمَّ رَدَّاهُمَا اِلَى الْمَكَانِ الَّذِيْ بَدَأَ مِنْهُ.

40. Dan di satu lafazh (lain) bagi keduanya (Bukhari-Muslim) ia mulai mengusap dari depan kepalanya hingga ia jalankan dua tangannya sampai tengkuknya, kemudian ia kembalikan (kedua) nya ke tempat yang ia mulai daripadanya.

39-40
Haditsnya: Shah.

Maksudnya: Menerangkan cara mengusap kepala ketika berwudlu.

Hukumnya: Sebagai Ketentuan.

Demikianlah terjemah Hadits no 38-40 dari Kitab Bulughul Maram, Kitab Thaharah, Bab Wudlu.

Semoga bermanfaat.

Wassalam.
 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi Bulughul Maram di smartphone tanpa install, buka Bulughul Maram dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Bulughul Maram dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Bulughul Maram

Tambahkan aplikasi Bulughul Maram di smartphone tanpa install, buka Bulughul Maram dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Bulughul Maram dari layar utama smartphone Anda.