Skip to main content

Air laut itu suci (Bab Air-air hadits no 1)


Bulughul Maram. Terjemah Kitab Hadits Bulughul Maram dalam Bahasa Indonesia akan diuraikan dalam blog ini.
Bulughul Maram membagikan hadits no 1 tentang air laut. Berikut uraiannya.

١.  عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ ص، فِى الْبَحْرِ (هُوَالطَّهُوْرُ مَاٷهُ، الْحِلُّ مَيْتَتُهُ) اَخْرَجَهُ الْاَرْبَعَةُ، وَابْنُ اَبِيْ شَيْبَةَ، وَاللَّفْظُ لَهُ، وَصَحَّحَهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ وَالتِّرْمِذِيُّ (رُوَاهُ مَالِكٌ وَالشَّفِعِيُّ وَاَحْمَدُ)


1.Artinya: Dari Abi Hurairah. Ia berkata: Telah bersabda Rasulullah SAW, di tentang laut; “(Laut) itu airnya pembersih: bangkainya halal”. Dikeluarkan dia (hadits itu) oleh Empat dan Ibnu Abi Syaibah: dan lafazh itu baginya, dan dishakan dia (hadits itu) oleh Ibnu Khuzaimah dan Tirmidzi; (dan diriwayatkan hadits itu oleh Malik dan Syafi’I dan Ahmad).

Keterangan:

-Hadits tersebut diriwayatkan oleh beberapa banyak ahli Hadits dengan berlainan lafazh, tetapi bersamaan maksud. Lafazh yang tersebut itu adalah menurut riwayat Ibnu Abi Syaibah.

-Tirmidzi ada riwayatkan bahwa Bukhari pun mengesahkan Hadits itu.

Hadits nya: Shah

Maksudnya: Air laut itu boleh digunakan untuk bersuci.

Hukumnya: Suci (Mubah)


Demikianlah terjemah Hadits Bulughul Maram no 1 tentang air laut itu suci.





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi Bulughul Maram di smartphone tanpa install, buka Bulughul Maram dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Bulughul Maram dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Bulughul Maram

Tambahkan aplikasi Bulughul Maram di smartphone tanpa install, buka Bulughul Maram dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Bulughul Maram dari layar utama smartphone Anda.